Pengabdian Pada Masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh civitas akademika.

Mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika juga wajib turut serta dalam pewujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seperti halnya yang dilakukan oleh ARPALA di Kampung Adat Cirendeu.

Kampung Adat Cirendeu adalah salah satu kampung yang terletak di di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Disebut Kampung adat dikarenakan masyarakat di kampung ini memiliki ciri khas yaitu konsisten dalam menjalankan ajaran kepercayaan serta terus melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah turun-temurun dari nenek moyang mereka. Sehingga pemerintah menetapkan Cirendeu sebagai kampung adat sama seperti beberapa kampung adat lainnya yang ada di Jawa barat (Kampung Naga, Kampung Dukuh, dan kampung adat lainnya).

Ariyanti Pecinta Alam (ARPALA) sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa di ASM Ariyanti yang juga bergerak dalam bidang lingkungan hidup pada tanggal 5 Februari 2019 sampai dengan 8 februari 2019 melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di Kampung Adat Cirendeu. Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka pengembaraan Anggota Muda Arpala untuk memenuhi syarat menjadi Anggota Penuh Arpala.

Kegiatan yang dilakukan antara lain Mengajar di Sekolah Dasar Cirendeu, membantu warga menanam singkong yang merupakan ciri khas makanan pokok masyarakat cireundeu, dan membantu para ibu ibu dalam pembutan kue yang berbahan baku singkong.

Setelah melaksanakan kegiatan ini semua anggota merasakan pengalaman yang berharga seperti penting nya toleransi serta nilai gotong royong antar masyarakat. Dengan segala ciri khas dan kearifan local yang dimiliki, ARPALA berharap Kampung Adat Cirendeu akan tetap menjaga kelestarian seni dan budaya serta memegang teguh adat istiadat Kampung Cireundeu.