Kamis, 2 Mei 2019 bertempat di Gedung Ahmad Sanusi-Universitas Pendidikan Indonesia. Sebuah sejarah baru terjadi.

Romualdus Rahman Telaumbanu diumumkan sebagai Runner Up 2 pada ajang pemilihan Putra Putri Praja Pariwisata 2019. Romualdus Rahman Telaumbanu atau akrab di sapa Rahman yang menjadi perwakilan kampus ASM Ariyanti meraih capaian tertinggi dari perwakilan mahasiswa ASM Ariyanti yang berhasil lolos masuk ajang ini. Sebelumnya pada tahun 2018, Hengky Frans Wesly berhasil mencapai 11 Besar Grand Finalis Putra Putri Praja Pariwisata 2018.

Rahman merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Adm. Perhotelan Angkatan 2018. Selain Rahman, ada dua mahasiswa/i ASM Ariyanti yang juga lolos dan tampil di Acara Grand Final yaitu Salma Nur Azizah (Jurusan Manajemen Adm. Akuntansi - 2017) dan Aji Rukmana (Jurusan Manajemen Adm. Perhotelan Angkatan 2018). Selain mewakili ASM Ariyanti sebagai kampus, Rahman secara tidak langsung juga turut membawa nama Kepulauan Nias yaitu daerah tempat ia berasal.

Putra Putri Praja Pariwisata dimaksudkan untuk memilih putra-putri terbaik Indonesia yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, terutama dengan segala hal yang berkaitan dengan kepariwisataan. Sekaligus sebagai sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda khususnya mahasiswa pariwisata untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata.

Tidak mudah untuk dapat lolos menjadi Putra Putri Praja Pariwisata 2019 seperti yang dilakukan Rahman. Pada tahap awal, peserta harus mengikuti seleksi administrasi dan seleksi individu yang dinilai berdasarkan essay yang dibuat sebagai syarat pendaftaran, prestasi, interview online serta seleksi tertulis. Setelah lolos dua tahap tersebut, sampailah tahapan seleksi Final yaitu Seleksi individu dengan penilaian berdasarkan proses karantina, unjuk bakat dan grand final untuk mendapatkan Gelar Putra Putri Praja Pariwisata 2019.

Walaupun belum mendapatkan Gelar Putra Putri Praja Pariwisata 2019, menjadi Runner Up 2 Putra Putri Praja Pariwisata 2019 juga cukup membuat Rahman senang dan bangga. Begitu juga pihak kampus ASM Ariyanti yang sangat bangga dengan capaian mahasiswa nya. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain agar dapat berprestasi.