Image of Studi tentang Pengaruh Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)

Text

Studi tentang Pengaruh Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)



Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak faktor-faktor
inovasi terhadap peningkatan loyalitas pelanggan di Eiger Coffee Bandung.
Sampel penelitian diambil dari pelanggan Eiger Coffee. Faktor inovasi yang
dipertimbangkan adalah keunggulan relatif (relative advantage) dan
kesesuaian (compatibility) dalam empat area, yaitu produk, layanan,
teknologi, dan pemasaran.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory
survey, dan untuk menguji hipotesis penelitian ini akan dianalisis
menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model,
SEM).
Temuan_ Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor inovasi, yaitu
keunggulan relatif dan kesesuaian, tidak memiliki pengaruh langsung yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kedua faktor inovasi ini tetap
memiliki pengaruh total yang signifikan melalui pengaruhnya terhadap
sejumlah variabel pendahulu loyalitas pelanggan, seperti ekspektasi
pelanggan, kualitas yang dirasakan, citra kafe itu sendiri, dan kepercayaan
pelanggan.
Implikasi_ Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa keunggulan relatif
dan kesesuaian, bersama dengan komitmen pelanggan dan kepuasan
pelanggan, adalah empat faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan di Eiger Coffee Bandung. Oleh karena itu, objek
penelitian perlu memperhitungkan faktor-faktor inovasi (keunggulan relatif
dan kesesuaian) dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan mereka,
yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai kafe (value) secara
keseluruhan.
Originalitas_ Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian
Tipe Penelitian_Studi Empiris


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi) : FRIMA (Festival Riset Ilmiah M.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
NO.INDUK
ISBN/ISSN
2656–6362
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
6
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this